Hal - Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi

Hal – Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi


Hal – Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi – Apakah anda sudah mengetahui masalah yang ditimbulkan saat menstruasi ? Setiap perempuan di dunia yang telah memasuki masa pubertas mendapati apa yang dinamakan haid. Sayangnya, tidak banyak yang dipahami perempuan dari tanda-tanda kecil yang terjadi di tubuh mereka, menjelang dan selama masa tersebut.


Sindrom pre menstruasi, menstruasi bulanan tidak datang, menstruasi singkat mungkin dianggap biasa saja bagi banyak wanita. Namun, tahukah Anda kemungkinan yang terjadi pada kondisi-kondisi semacam itu? Berikut adalah penjelasannya, seperti dilansir dari Timesofindia.


Hal – Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi


Hal - Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi

Hal – Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi


Sehari sebelum menstruasi tubuh Anda seperti orang hamil


Sebelum menstruasi dimulai, rahim mempersiapkan diri untuk kehamilan. Ini termasuk sekresi hormon yang memainkan peran penting dalam mempersiapkan lapisan endometrium yang akan ditempeli embrio.


Pada waktu tersebut, Anda akan mengalami gejala kembung. Kembung dan gangguan lambung seperti muntah dan sakit juga dialami pada saat Anda akan hamil. Sementara menstruasi memudahkan gejala ini, kehamilan memperburuk mereka.


Menstruasi cepat bisa menunjukkan masalah kekurangan zat besi


Jeda antara menstruasi yang normal berkisar antara 28 dan 35 hari. Jika Anda mengalami siklus haid yang pendek (15 hari) dengan perdarahan berat, itu bisa menjadi tanda kekurangan zat besi, fibroid atau hemoglobin rendah.


Siklus haid yang normal tidak mempengaruhi kadar zat besi secara dramatis, karena darah yang dikeluarkan normal antara 50-60 ml. Untuk mengatasi kehilangan zat besi, diet kaya sayuran berdaun hijau akan membantu mengisi hilangnya mineral tersebut.


Lemak tubuh di bawah 8-12 persen menghentikan menstruasi


Jika indeks masa tubuh Anda terlalu rendah, lemak tubuh Anda juga akan rendah. Ketika tidak ada asupan lemak, tubuh masuk ke mode darurat. Sistem metabolisme akan mengubah dirinya sendiri dan menghentikan menstruasi.


Kasus seperti itu disebut amenore. Namun, dalam kasus wanita gemuk juga, hormon yang menjadi tidak seimbang dapat bertanggung jawab untuk menstruasi yang tidak teratur.


Nyeri punggung dan kram tanda estrogen tinggi

Pada awal siklus, aliran darah ke alat kelamin meningkat. Hal ini dapat menyebabkan sumbatan darah di saraf punggung dan kaki yang dirasakan sebagai kram. Kurangi asupan garam Anda seminggu sebelum jadwal menstruasi Anda untuk mengurangi efek kembung.


 


Itulah sedikit pengetahuan tentang Hal – Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi yang harus anda ketahui sedini mungkin. semoga dapat menambah pengetahuan anda . thanks



Hal - Hal yang Perlu Anda Ketahui Saat Menstruasi

0 comments:

Post a Comment

 
Top